Selasa, 17 Juli 2012

PENYAKIT MAAG


PENYAKIT MAAG

Istilah "Penyakit Maaq" bukan hal baru dan asing di kalangan masyarakat. penyakit yang menimbulkan rasa perih kembung, mual dan muntah ini sering di dapati dalam usia remaja, dewasa maupun manula. bahkan penjelasan penyakit ini banyak kita jumpai di media massa maupun elektronik yang mempromosikan salah satu produk obat untuk penyakit yang satu ini.
                penyakit maag atau dalam istilah kedokteran di kenal kedalam gastritis, adalah penyakit yang menyerang lambung yang dapat bersifat akut maupun kronis. pada gastritis di dapatkan inflamasi (radang). pada mutosa lambung (lapisan dalam lambung), yang pada akhirnya dapat membentuk luka pada lambung bila tidak mendapatkan pengobatan dan perawatan yang maksimal.
                biasanya kerusakan mutosa lambung hanya mengenai lapisan atas (superfesial), oleh karena itu jarang menimbulkan komplikasi yang serius misalnya; pendarahan. namun terkadang kerusakan mutosa ini dapat menembus kedalam mukosa sampai mengenai pembuluh darah besar sehingga menimbulkan pendarahan saluran cerna.
                penyakit pada umumnya lebih sering di sebabkan peningkatan asam lambung, akan tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh hal lain seperti infeksi,virus atau bakteri, konsumsi alcohol, konsumsi obat-obatan (aspirin, ANVS), ataupun gangguan mikrosirkalasi mutosa lambung yang disebabkan trauma luka bakar ataupun tidak stabilnya pikiran seseorang (stress). penyebab lain bisa di karenakan pola dan jadwal makan yang tidak teratur.
                ketidaknyamanan yang dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit ini adalah rasa perih pada lambung, mual atau kadang di sertai muntah, kembung, nyeri uluhati, dan pada tahap yang lebih serius dapat timbul rasa panas di dada (Heanbum) di karenakan terjadinya kerusakan macosa pada saluran pencernaan atau (oesefagus).
sebagai akibat dari paparan isi lambung/asam lambung yang mengalir balik kedalam esophagus, nafsu makan menurun, lemas sampai timbulnya pendarahan pada saluran cerna berupa muntah darah ataupun buang air besar berupa darah (Hematokezia) di karenakan adanya pendarahan saluran cerna.
                pada dasarnya, penyakit maag ini sudah ada pada jaman Rasulullah  saw 14 abad yang lalu, sejak saat itu sudah di peringatkan oleh dinul Islam melalui firman allah swt   dalam al qur'an dan Hadis Rasulullah        saw;
"lambung manusia itu tempatnya segala penyakit, sedangkan pencegahan itu pokok dari segala pengobatan. " (HR. Ad-Dailami).
                disebutkan dari hadis tersebut al Maidah (lambung) merupakan salah satu organ pencernaan manusia yang menjadi tempat penyakit. akan tetapi maksud yang lebih dalam lagi, Rasulullah      saw memperingatkan kepada manusia untuk tidak mengabaikan kesehatan lambung. dikarenakan tanpa pemeliharaan, bukan lambung saja yang menjadi tempat penyakit, tetapi organ-organ yang lainyapun  juga dapat menjadi sarang penyakit.
                dan bagaimanapun allah swt    telah menciptakan organ-organ tubuh manusia dalam kondisi yang sangat sempurna dan setiap organ akan menjalankan fungsinya secara otomatis, teratur dan tanpa ada perintah. serta dilengkapi dengan alat pengaman. sehingga terlindungi dari virus dan bakteri yang akan masuk kedalam tubuh.
                "Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia itu dalam bentuk yang sebaik-baiknya" (QS. At-Tin : 4).
                factor-faktor sebagai penyebab sakitnya lambung serta organ pencernaan lain.
-          karena kesibukan aktifitas sehari-hari terkadang manusia kurang memperhatikan kondisi perutnya, misalnya makan tidak teratur, jadwal makan yang tidak teratur atau makan dengan cara tergesa-gesa. yang menyebabkan tidak lumatnya makanan yang masuk kelambung. padahal pada saat makanan di dalam mulut dan dikunyah sampai lumat hingga bercampur dengan air ludah bermanfaat agar makanan mudah hancur dan bibit penyakit dapat terbunuh.
        kebiasaan manusia yang mengisi perut kosong atau menahan lapar dengan secangkir kopi atau teh hal ini akan memicu terjadinya keluhan peri pada perut, lapar tapi tidak nafsu makan, atau perut kembung. diakibatkan mulai ada masalah pada lapisan lambung.
-          Gaya hidup masa kini kebanyakan orang ingin Sesuatu yang serba paling enak dan cepat (instant) terutama dalam hal makanan dan minuman, dengan alasan kesibukan tetapi dengan mendapatkan makanan enak tanpa menunggu lama. di kota-kota besar Surabaya misalnya banyak kita jumpai restoran fastfood yang menyediakan makanan enak dengan proses yang serba instant. tapi apakah itu sehat?. jika kita konsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan insya allah tidak akan jadi masalah pada kesehatan tubuh kita. tetapi sebaliknya, banyak diantara manusia tidak mampu mengendalikan diri sehingga makanan dan minuman tersebut di jadikan menu rutin setiap hari. Perlu di ketahui di balik makanan dan minuman yang enak dan lezat degan proses yang serba instant banyak terdapat zat-zat yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.
-          teliti dan cermat dalam memilih dan membeli makanan atau minuman yang di kemas. tentunya lebih teliti dalam melihat batas kadarluarsanya. perhatikan tanggal mulai pembuatan dan tanggal berakhirnya masa penjualan.
-          kebersihan maknan dan minuman harus di perhatikan. mulai dari proses pembuatan (memasak), penyimpanan ataupun saat penyajian waktu makan. suatu contoh, menyajikan minuman sebaiknya tempat minum di beri tutup agar kemasukan lalat atau binatang. Rasulullah      saw memberi petunjuk untuk menghindari bahaya yang di timbulkan oleh lalat bagi kesehatan. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah      saw bersabda;
       "jika ada seekor lalat jatuh kedalam tempat minuman yang akan kamu minum, maka celupkanlah keseluruhan tubuh lalat tersebut kedalam minumanmu tadi kemudian angkatlah (buaglah) lalat tersebut. karena sesungguhnya pada salah satu sayapnya mengandung obat dan pada sayap yang lainya mengandung penyakit."
-    hindari minuman keras (khamr) baik yang memabukkan maupun yang tidak memabukkan walaupun dengan alasan sebagai obat atau yang lainya karena ini di larang oleh ajaran Islam. khamr menghilangkan kestabilan mental dan merusak organ-organ tubuh manusia terutama liver. Rasulullah      saw mengingatkan,
" Di tanya tentang khamr untuk di buat obat maka Rasulullah      saw bersabda; "Itu adalah penyakit dan bukan obat (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi).
"Sesungguhnya allah menurunkan obat dan penyakit dan menjadikan bagi setiap penyakit obatnya, maka berobatlah kamu sekalian tapi jangan berobat dengan yang haram."(HR. Abu Dawud)
Di dalam ajaran Islam, khamr haram hukumnya dan sangat merugikan bagi manusia.
"Hai orang-orang yang beriman sesungguhnya (meminum khmar), berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan." (QS. Al Maidah ; 90).
-  Berdasarkan penelitian dunia kedokteran. mulut, gigi dan tangan yang kotor merupaknan sasaran empuk bagi bakteri atau kuman penyakit lainya sehingga bisa berkembang subur di sana. hal ini mengakibatkan kerusakan gigi dan kuman bisa tertelan kesaluran pencernaan. Rasulullah      saw bersabda;
"Bersiwaklah kamu sekalian sebab bersiwak itu adalah membersihkan mulut dan membuat Allah menjadi rela. setiap malaikat jibril datang kepadaku, ia selalu berpesan untuk bersiwak (HR. Ibnu Majah)
"Barang siapa yang tidur, sementara tanganya masih berbau busuk kemudian terkena bahaya maka janganlah menyalahkan orang lain, kecuali dirinya sendiri"
-          Penyakit lambung dan organ-organ lainya dapat timbul atau di perberat dengan terganggunya stabilitas psikologi orang tersebut, seperti tekanan kejiwaan (stress) atau saratnya beban pikiran. di dalam terminologi kedokteran di sebut psikosomatis.
-          kebiasaan minum obat sembarangan, tanpa petunjuk dokter atau orang yang mengerti, minum obat yang melebihi aturan, pakai atau membeli ulang resep dokter tanpa sepengetahuan dokter sangat berpengaruh timbulnya keluhan pada lambung. karena sedikit banyak obat-obatan mempunyai efek samping yang merugikan tubuh kita. Allah swt   menyatakan manusia tentang hal ini.
      "…..Katakanlah : "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?..." (QS. Az Zumar : 9)
Fatwa al Imam Syamsudin bin Abi Bakar Bin Ayub Az Zar'iya'a ad-Damasqi dalam bukunya yang berjudul Ath Thibun Nabawi halaman 11. Beliau menyatakan:
 Nabi Ibrahim khalilullah bertanya kepada Allah swt  ; Ya Allah dari mana penyakit itu?Allah menjawab; dari Ku. lalu Nabi Ibrahim bertanya; Ya Allah dari mana datangnya obat untuk penyakit itu? Allah menjawab; Dari Ku. Lalu Nabi Ibrahim bertanya pula; Kalau begitu apakah fungsinya dokter itu?Allah menjawa; Ia seorang yang karena takdirku aku beri dia ilmu untuk menjadi seorang dokter dan daripadanyalah ia dapat mengobati orang-orang yang sakit dengan izinku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar