Kamis, 19 Juli 2012

Bila Si Kecil Tak Suka Susu


BILA SI KECIL TAK SUKA SUSU
Meskipun sejak lahir kebanyakan bayi minum susu, ternyata di usia balita, beberapa anak malah menolak minum-minuman bergizi ini. Bagaimana agar si kecil senang minum kembali?

Mengapa Harus Susu?
           
            Siapapun mengaku, susu memang sangat bermanfaat bagi tubuh, apalagi bagi anak balita yang masih dalam usia pertumbuhan. Kandungan zat gizi susu yang terbesar adalah mineral kalsium alias zat kapur. Yang sangat berguna bagi proses pembentukan serta pemeliharaan tulang dan gigi. Selain itu kalsium juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka karena merupakan salah satu unsur pembeku darah. Tidak hanya itu saja. Susu mengandung protein, kalori, lemak dan vitamin. Karena itu, agar pertumbuhan dapat berlangsung optimal, anak-anak di bawah usia 10 tahun rata-rata memerlukan kalsium sebanyak 500 mg sehari, tentunya di samping kebutuhan berbagai zar gizi penting lainya.
            Selain minum susu, kalsium memang bisa di peroleh anak dari berbagai jenis makanan lain ataupun olahanya. Di antaranya, bisa proses dari segala produk susu, seperti keju dan mentega. Juga ada sumber protein yang juga mengandung kalsium tinggi, yakni udang, kepiting, ikan teri, hati, ikan asin serta otak. Sayuran bayam, daun melinjo dan daun singkong, juga merupakan sumber kalsium.
Untuk itu, agar anak bisa memperoleh semua zat gizi yang di butuhkan tubuhnya, orang tua memang harus menyediakan makanan yang berasal dari berbagai jenis bahan makanan. Salah satu cara terbaik untuk memenuhi aneka zat gizi tersebut adalah dengan memberikan susu, paling tidak dua gelas sehari.

Mengapa Anak Tidak Suka Susu?
            Anak yang suka atau tidak suka pada salah satu jenis makanan, seringkali berkaitan dengan pengalamanya terdahulu. Khususnya, yang berhubungan dengan masalah pola pemberian makanan serta pembentukan selera. Misalnya, setelah mencicipi sejenis makanan tertentu lalu timbul rasa nyaman dalam dirinya, maka anak akan menyukai jenis makanan yang di cobanya tadi, sebaliknya, bila saat mencoba makanan terjadi pengalaman yang tidak menyenangkan atau malah muncul perasaan tidak nyaman, makan anak akan menolak jenis makanan yang di cobanya tersebut.
            Di samping itu, masalah selera makan anak sering kali tanpa di sadari terbentuk dari kebiasaan atau selera orang tuanya. Mungkin tanpa di sadari, anda sangat jarang bahkan tidak pernah memberi atau menyajikan jenis makanan yang tidak anda sukai kepada anak-anak. Padahal, bisa saja jenis makanan yang tidak anda sukai tersebut sebenarnya bermanfaat bagi anak, dan anak anda belum tentu tidak menyukainya. Namun. Karena jarang di berikan atau di perkenalkan kepada anak, tidak heran kalau anak pun tidak mengenal, bahkan jadi meniru selera orang tuanya.
            Selain itu, ekspresi atau bahasa tubuh tubuh orang tua terhadap suatu jenis makanan bisa terekam dalam ingatan anak. Jadi, orang tua yang tidak menyukai susu atau tidak mau minum susu karena takut gemuk, misalnya, tanpa di sadari anda menampakkan mimik wajah yang khas saat melihat susu. Jangan heran kalau anak akan merekam kesan, bahwsa susu memang tidak enak dan tidak layak di minum.

Agar Anak Suka Susu

Orang tua yang tidak bingung ketika anaknya tidak suka susu. Mengingat pentingnya susu bagi balita, berbagai cara dan upaya di lakukan orang tua agar anaknya mau minum susu. Ada beberapa trik yang bisa anda coba. Jangan cepat menyerah setelah anda mencoba, ternyata si kecil belum juga mau minum susu. Cobalah lagi dengan cara lain.
• Selalu ciptakan suasana yang menyenangkan saat anda ingin melatih anak menyukai susu. Berikan minuman susu ketika si kecil dalam suasana hati senang dan riang. Hindari memberikan susu pada saat si kecil bangun tidur, karena kemungkinan anak masih setengah mengantuk atau berusaha membuka matanya. Begitu juga ketika anak sedang asyik bermain dengan mainan kesayanganya atau bersama temanya. Saat-saat seperti ini anak sering tidak mau di ganggu.
Perhatikan nada suara anda ketika mengajak anak minum susu. Hindari nada memerintah apalagi di tambah dengan penjelasan panjang lebar.
  Melalui buku bacaan atau bercerita, jelaskan pada anak tentang pentingnya susu bagi tubuh. Ambillah salah satu tokoh yang di kenal anak, spiderman, superman atau yang lainya.
  Buatlah sebuah permainan bersama, seperti main tamu-tamuan. Anda juga bisa mengajak teman si kecil dalam permainan ini. sediakan gelas-gelasan mungil dari plastik yang di isi dengan susu, ajaklah anak dan teman-temanya untuk minum minumanya dalam bersama anda.
  banyak anak merasa terganggu dengan aroma susu. Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan susu bubuk yang di campurkan dengan coklat atau aroma rasa lainya yang di sukai si kecil.
  Kalau anak tidak menyukai campuran coklat atau aroma rasa lainya, saat ini di took banyak sekali di jual susu dengan berbagai aroma dan rasa. Untuk pertama kali, cobalah dengan memberikan susu yang mengandung rasa buah-buahan, seperti melon, atau strawberi. Banyak kesempatan pada anak untuk mencobanya satu persatu dan memilih rasa mana yang dia sukai.
  Ada sebagian anak yang menyukai susu dingin tetapi ada juga yang meyukai susu panas atau hangat. Cobalah keduanya dan untuk masa-masa awal ini, biarkan anak yang menentukan keinginanya.
  Untuk minum susu, berikan wadah yang lucu atau menarik perhatian, misalnya gelas berbentuk kepala binatang, bergambar  lucu, dan sebagainya.
  Kalau dengan berbagai cara di atas anak tetap tidak mau minum susu, berikan susu dalam bentuk lain, seperti pudding coklat, susu berhias atau bercampur buah-buahan, es krim susu, atau minuman lain yang mengandung campuran susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar